Tips cara cepat belajar efektif dengan teknik pomodoro

kakferryse.blogspot.com - Haloo semua..apa kabar?? semoga sehat - sehat selalu yahh, supaya bisa tetap produktif dalam beraktifitas baik itu dalam pekerjaan ataupun belajar, kali ini saya mau share salah satu teknik yang cukup efektif dalam melakukan kegiatan apapun tanpa terganggu yang lain, yaitu tips cara cepat belajar efektif dengan teknik pomodoro.
Pomodoro adalah sebuah teknik dalam mengelola waktu atau time management yang berasal dari bahasa Italia yang berarti Tomat. Teknik ini ditemukan pada akhir tahun 1980-an oleh seseorang bernama Francesco Cirillo pada saat mengelola waktunya. Alasan mengapa dinamai demikian, karena oleh sang penemu pada saat mengelola waktunya ia menggunakan timer atau alat bantu berbentuk seperti sebuah tomat.


Konsep teknik pomodoro adalah mengerjakan sebuah tugas entah itu untuk bekerja atau belajar dalam blok-blok waktu setiap 25 menit. Di antara setiap 25 menit ada jeda 5 menit untuk istirahat entah itu untuk mengecek handphone, email, minum atau aktifitas lain yang sifatnya bebas. Setelah menyelesaikan 4 blok waktu (25 menit x 4), istirahat dapat dilakukan lebih lama misalnya 15-30 menit.


Manfaat menggunakan tips cara cepat belajar efektif dengan teknik pomodoro:
  • Fokus pada tugas yang sedang dikerjakan
  • Menghilangkan kebiasaan multitasking
  • Meningkatkan daya juang dan konsentrasi
  • Menurunkan kadar stres karena mengerjakan satu hal dalam durasi waktu tertentu
Setelah kita tahu manfaat dari menggunakan tips cara cepat belajar efektif dengan teknik pomodoro, tentunya kita ingin tahu bagaimana cara penerapannya agar dapat menghasilkan manfaat yang optimal. Berikut cara melakukan teknik pomodoro:


  1. Jauhkan diri dari segala macam distraksi seperti; smartphone, notifikasi aplikasi messenger atau email, dan menutup browser jika tidak diperlukan.
  2. Pilih sebuah tugas entah itu pelajaran yang akan dipelajari atau pekerjaan yang ingin diselesaikan dan tentukan waktu total dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.
  3. Pasang timer selama 25 menit kedepan, ini dapat dilakukan pada alarm hp Anda atau jam Anda.
  4. Fokus beraktifitas, bekerjalah dalam rentang waktu 25 menit tanpa gangguan apapun.
  5. Setelah alarm berbunyi, istirahatlah selama 5 menit untuk melakukan hal yang menyenangkan misal; membuat teh atau kopi, ke toilet atau sekedar berjalan keluar ruangan.
  6. Ulangi kembali dari poin 3 sampai poin 5 sebanyak empat kali. Jika Anda sudah menjalani hal tersebut Anda bisa melakukan istirahat lebih lama dari 5 menit, biasanya 15-30 menit.

Dengan mengetahui manfaat dan langkah-langkah diatas, kita dapat menerapkan teknik pomodoro dalam jenis tugas apapun. Dengan begitu, kita dapat memaksimalkan waktu untuk aktivitas-aktivitas yang berkualitas alias tidak membuang-buang waktu atau terganggu oleh hal-hal lain yang sifatnya tidak mendesak.

Sampai disini semoga Anda tertarik untuk menggunakan tips cara cepat belajar efektif dengan teknik pomodoro, agar kehidupan kita menjadi lebih berkualitas dan bermakna. Terima kasih sampai jumpa di artikel lainnya.

Salam,
@KakFerrySE

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips cara cepat belajar efektif dengan teknik pomodoro
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
Jumat, Juni 26, 2020 7:14:00 AM

Mantap Min,tambah pengetahuan bagi saya pribadi !!

Reply