Pengertian wirausaha dan cara menjadi seorang wirausaha

kakferryse.blogspot.com - Belakangan ini sering sekali kita menjumpai acara-acara seminar, pelatihan, ataupun workshop mengenai kewirausahaan istilah kerennya bisnis. Mulai dari pelatihan untuk mencetak UKM baru maupun meningkatkan kualitas UKM yang sudah ada dengan cara diberikan pelatihan-pelatihan.

Sebelum membahas lebih jauh ada baiknya kita tahu lebih dulu pengertian kewirausahaan secara lengkap dibawah ini..

Kewirausahaan atau entrepreneurship adalah proses mengubah sebuah ide menjadi sebuah usaha. Esensi dasar kewirausahaan adalah mengidentifikasikan masalah yang perlu dipecahkan dan mencari ide serta memberikan solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

Oleh karena itu seorang pengusaha bisa dikatakan orang yang berusaha menemukan solusi untuk masalah yang ada. Bagi pengusaha masalah atau kebutuhan adalah tantangan yang menjadi sebuah peluang.

Akan tetapi tentu tidak semua peluang adalah peluang yang baik, peluang yang baik merupakan kombinasi dari solusi yang realistis yang menjawab suatu masalah penting pada waktu yang tepat dan dapat menghasilkan keuntungan. berikut adalah ciri peluang yang baik:



1. Masalahnya cukup penting, ketika hal ini terjadi artinya banyak orang yang mengalami masalah tersebut dan mereka ini akan menjadi calon konsumen dari usaha yang dijalankan.

2. Solusinya tersedia, tentu saja harus ada solusi yang ditawarkan kepada calon konsumen baik dalam bentuk produk atau jasa. Solusi inilah yang nantinya akan dijual dan menghasilkan keuntungan.

3. Tepat waktu, hal ini bisa diartikan juga sebagai sebuah momentum dimana bertemunya antara masalah, solusi, dan infrastruktur yang mendukung.

Contohnya adalah dulu sebelum hadirnya Blackberry ada smartphone touchscreen dengan sebuah pena layar sentuh yang canggih, namun karena infrastruktur yang belum siap(internet dsb) maka produk tersebut hanya sementara tidak populer seperti blackberry dan android.

4. Keuntungan finansial, ini menjadi sangat penting dan menjadi salah satu tujuan utama dalam suatu usaha dan untuk kepentingan antara pengusaha dan pemodal yang menjadi jalannya sebuah usaha.

Setelah kita identifikasi ciri peluang yang baik yang dapat menghasilkan keuntungan, selanjutnya adalah bagaimana proses untuk menjadi seorang wirausaha, berikut adalah 4 langkah proses menjadi kewirausahaan;



1. Memutuskan untuk menjadi wirausaha, keputusan seseorang untuk menjadi seorang wirausaha didorong karena beberapa hal contohnya seseorang yang menemukan ide baru untuk memecahkan suatu masalah yang memiliki peluang yang baik lalu memutuskan untuk berhenti bekerja dan menjalankan usahanya atau ada juga yang kurang senang dari pekerjaannya dan ada juga yang diberhentikan dari pekerjaannya.

2. Mengembangkan ide usaha yang baik, setelah seseorang memutuskan untuk berwirausaha maka ia harus mengembangkan ide nya agar dapat menjadi sebuah usaha dan menghasilkan keuntungan.

Agar ide tersebut dapat berjalan sesuai keinginan tentunya ada beberapa hal yang perlu dicermati seperti mengidentifikasi peluang, pelaksanaan studi kelayakan, dan analisa industri dan kompetitor serta pengembangan sebuah model usaha yang efektif.

3.  Membuat ide menjadi sebuah usaha, salah satu langkah yang perlu dilakukan dalam tahap ini adalah analisa potensi keuangan. Langkah lain pada tahap ini adalah dengan membentuk suatu tim, menentukan strategi pemasaran yang tepat, mencari pendanaan dan mempersiapkan landasan hukum yang kuat.

4. Menjalankan dan mengembangkan usaha, pada tahap ini pengusaha mulai memasarkan produk atau jasa yang sudah dibuat dan memikirkan serta menjalankan strategi-strategi untuk keberlangsungan jalannya perusahaan.

Produk atau jasa yang baik tetap memerlukan pemasaran yang kuat, karena bisa saja banyak kompetitor yang memiliki kesamaan dan menawarkannya. Dalam situasi ini pengusaha harus dapat menempatkan produknya secara tepat dan menjualnya dengan strategi yang menarik dan efektif.

Nahh itulah beberapa penjelasan singkat tentang pengertian wirausaha dan cara menjadi seorang wirausaha. Sampai disini kira-kira kamu sudah punya bayangan ide atau peluang yang mau dijalankan??hmm menarik yahh..

Salam☺
$Jangan lupa :Baca$

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian wirausaha dan cara menjadi seorang wirausaha
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.