Pengertian Internet Sehat dan Aman

kakferryse.blogspot.com - Internet telah menjadi salah satu kebutuhan (pokok) bagi masyarakat Indonesia umumnya pada saat ini, apalagi di era informasi segala akses terbuka lebar untuk tujuan tertentu. 

Hal ini perlu menjadi perhatian penting bagi pemerintah dan masyarakat khususnya sebagai pengguna internet agar bijak dalam menggunakan dan mengakses suatu informasi yang dikonsumsi.


Pemanfaatan internet telah mengubah pola hidup dan budaya masyarakat Indonesia dalam belajar, bekerja, berkomunikasi dan berkarya serta aspek lainnya.

Saat ini masyarakat lebih banyak menggunakan internet untuk kegiatan komunikasi seperti surat elektronik(e-mail), jejaring sosial(social networking) dan juga pembelajaran daring(e-learning) yang saat ini sedang marak digunakan.

Menurut data dari kemkominfo pengguna internet di Indonesia sekitar 82 juta pengguna dan berada di peringkat ke 8 di Dunia. Dari data tersebut, sekitar 80 % pengguna berada pada rentang umur 15 - 19 tahun.

Dan satu survey lagi dari Markplus insight pengguna internet di Indonesia didominasi oleh generasi muda sekitar umur 15 - 30 tahun.

Dengan semakin meningkatnya pengguna internet di Indonesia dari data tersebut maka pemerintah mencanangkan program 'Internet Sehat dan Aman(INSAN)' yang artinya suatu program dengan tujuan untuk mensosialisasikan pengguna internet secara sehat dan aman melalui pembelajaran etika berinternet dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.



Program INSAN ini diselenggarakan dalam bentuk sosialisasi, roadshow, dan forum diskusi. Media yang digunakan antara lain secara tatap muka, internet, televisi, radio dan media cetak.

Kehadiran internet sehat dan aman juga disosialisasikan kepada orang tua dan guru karena pemanfaatan internet juga merupakan tanggung jawab orang tua dalam mengawasi putra-putrinya untuk menghindari konten negatif, dan mendorong agar digunakan untuk kegiatan positif agar lebih cerdas dan menciptakan kreativitas.

Nahh..dari pengetahuan diatas kita sendiri harus menjadi bagian dari suksesnya program yang dicanangkan pemerintah dengan melakukan beberapa hal berikut, yukk kita simak:

1. Kita harus cerdas berinternet, kenapa? karena internet dapat menyebabkan adiksi(ketagihan) karena peningkatan hormon dopamine. Hormon dopamine bertanggung jawab dalam perasaan bahagia.

2. Hindari hal-hal negatif dalam berinternet, misalnya: plagiat, menyebar/membuat konten hoax, komentar/konten negatif, cyberbullying, akses situs tidak sesuai umur, dan terlalu lama dalam berinternet juga kurang baik guys.

3. Memperhatikan etika-etika dalam berinternet yang disebut netiquette, berinteraksi di dunia maya sebenarnya sama hal nya dengan berinteraksi di dunia nyata jadi pastikan menggunakan norma-norma serta etika ke timur an budaya Indonesia yang terkenal dengan ramah tamah dan sopan santun nya yaa guys.


Tips melindungi diri di Internet yang sering terjadi:

1. Hacking, adalah tindakan illegal untuk mendapat akses pada sebuah system atau komputer. Untuk menghindari hal ini Sobat Blogger bisa melakukan pencegahan dengan memasang tambahan security pada jaringan komputer sobat.

2. Phising, adalah metode yang digunakan hacker untuk mencuri password atau data pribadi dengan cara mengelabui korbannya menggunakan situs palsu yang menyerupai aslinya.

Agar terhindar dari kejahatan ini sobat blogger harus aware terhadap nama situs yang diakses dan membandingkan nya dengan nama situs yang serupa bila perlu cari informasi selengkapnya melalui mesin pencari tentang situs-situs yang bersangkutan.

3. Hoax, berasal dari kata "Hocus Pocus" yaitu mantra yang dipakai pesulap pada abad ke-16 untuk menipu pikiran penonton. Cirinya Judul dari konten tersebut sangat menarik tapi terkadang tidak sesuai dengan isinya istilahnya "clikcbait".

Untuk menghindari hal tersebut sobat blogger harus mengecek reputasi situs, alamat redaksi, email redaksi serta sumber informasi tersebut. Bisa juga untuk cek tanggal publikasi konten dengan tanggal yang ada dikonten.

Cukup sekian dulu artikel kali ini tentang Internet Sehat dan Aman yaa Guys, jangan lupa untuk diinfokan kepada teman, keluarga, sahabat, pacar, gebetan dll dehh 😜

Salam,
$Jangan Lupa :Baca$

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian Internet Sehat dan Aman
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.